jump to navigation

Usulan Buku 12/09/2009

Posted by admin ppi-um in Aktivitas PPI UM.
trackback

Renungan Dari Seberang

Bermukim lama di rantau orang di lingkungan saudara serumpun tentulah ada gagasan, pikiran dan pendapat atau mungkin pula kritik dan kecaman yang beragam-macam. Mungkin berupa campur aduk antara keheranan dan kekaguman tentang negeri seberang ini. Malaysia, yang ditumpangi cukup lama; tak jarang diiringi oleh kerinduan kampung halaman dan keluarga. Kadangkala berkecamuk ba-yangan keadaan yang pernah dialami di negeri sendiri: suka-duka, sulit-senang, dan kerisauan serta ke-khawatiran. Tak jarang dari pada semua suasana hati dan fikiran yang demikian, keadaan dan penga-laman yang pernah dihadapi, mungkin ada tersirat harapan dan saran. Ataupun sekedar impian berbi-cara dalam diri sendiri, unek-unek dan kekesalan, yang mungkin ingin dikeluarkan atau masih tersim-pan di dalam hati. Baik tentang negeri sendiri: Indonesia; ataupun tentang negeri yang ditumpangi: Malaysia. Pokoknya semua yang ada dan mungkin akan ada di dalam diri, fikiran dan hati sanubari, ingin disalurkan di dalam suatu penerbitan yang rancangan judulnya: Renungan dari Seberang.
Untuk itu, melalui selembar risalah ini, tuan dan puan yang berasal-usul dari Indonesia dihim-bau untuk menuangkan apa saja yang teringat dan terfikirkan tentang negeri ini mau pun Indonesia da-lam tulisan, yang tidak dibatasi ruang-lingkup maupun panjangnya. Tulisan boleh sungguh-sungguh (serious), santai dan tentu saja baik kalau diungkapkan secara jenaka (humor) dan sederhana. Peluang untuk mengetengahkan apa-apa yang ada di dalam fikiran atau yang sering diperbincangkan dengan rekan dan keluarga tentang negeri ini – ada-tidaknya kaitan dengan Indonesia – eloklah dituliskan. Mari membiasakan menuliskan apa-apa yang terfikirkan, masalah, kritik, saran dan pemecahan (solution) tentang negeri kita atau Malaysia bersendirian ataupun hubung-kait keduanya. Eloklah menuliskannya daripada gunjingan atau bergumam sendiri! Tulisalah semuanya dengan dengan cerdas, bijaksana, san-tun dan bermakna. Itulah yang akan diterbitkan agar lebih banyak khalayak yang tahu, membaca dan menyimaknya, yang mungkin juga memerlukannya.
Sejak banyak orang Indonesia ke luar negeri, bermukim maupun belajar, sebagian dari mereka sudah ada yang menerbitkan buku. Misalnya kelompok intelektual Indonesia di Perancis dan Australia menerbitkan buku masing-masingnya. Bahkan pelajar Indonesia se-Eropa pernah menerbitkan suatu jur nal kecil yang bernama: Gagasan dan Fikiran. Belakangan, ia menjadi sumber gagasan orde baru. Ke-tika pulang ke Indonesia, sebagian ada yang menjadi pejabat/penguasa, yang jadi pengusaha dan penge lola usaha mancanegara, tak sedikit pula sekedar menjadi warga negara biasa. Namun selama di negeri orang, memiliki pemikiran yang jernih dan peduli Indonesia. Kita tentulah tak terlalu kurang dari mere-ka! Bahkan boleh jadi lebih dari yang mereka renungkan. Itulah yang hendak disingkap dengan pener-bitan buku ini. Suatu pendalaman diri tentang negeri ini maupun negeri sendiri, secara apa adanya.
Buku ini dirancang terbit tahun 2010 awal, paling lambat. Kandungannya boleh tentang apa saja, pengalaman pribadi yang menarik berkenaan patut diungkapkan dan diketahui orang lain. Bila le-bih sungguh-sungguh, mungkin dapat pula tulisan itu menyiratkan sumbang-saran, kritikan halus dan saran pemecahan masalah pembangunan dan kemajuan negeri ini ataupun Indonesia.

Tujuan buku ini untuk mengungkapkan pemikiran, gagasan, pendapat dan perasaan hasil sua-tu renungan dan pengalaman di Malaysia, yang mungkin akan bermanfaat dibaca orang lain, di mana pun. Istilah idealnya: sumbang-saran berbentuk pemikiran.
Isi: berkenaan dengan sosial, ekonomi, politik, ilmu, penelitian dan teknologi, pendidikan dan agama, birokrasi, dan pengalaman pribadi di Malaysia. Baik disertakan gambar yang unik dan menarik.
Penulis: Para pakar dari Indonesia yang ada di Universiti di seluruh Malaysia.
Jumlah: 200 halaman, dicetak 1000 exemplar di Indonesia. Rencana terbit: Awal tahun 2010.
Pengelola/Penyunting: Muchtar Ahmad; e-mail: m_ahmad945@yahoo.com; hp: 0169083606.
Alamat: c/o Rossi Passarella; 3 Jl Pantai Murni 3, Pantai Dalam, 59200 Kuala Lumpur.
Demikianlah himbauan ini, kiranya mendapat tanggapan yang bijaksana. Terimakasih. (MA)

Comments»

1. Ahmad - 12/09/2009

Ada baiknya disebutkan dengan jelas tujuan pembuatan buku tersebut (bukan tujuan penulisannya), sehingga calon penulis mendapat kejelasan atas tulisannya nanti.
Demikian juga hal-hal yang berkaitan dengan buku tersebut, misalnya hak cipta, pencetakan, pendistribusian, hak distribusi, penerbit, penanggung jawab, dll, dll, dll.
Untuk menulis sebuah buku, dan kemudian mendistribusikannya, ada banyak hal yang harus dilakukan. Hal ini juga dijelaskan kepada penulisnya.
Terima kasih.

2. dinda - 13/09/2009

Penulisnya para pakar dari Indonesia? maksudnya dosen2/ expariate aja?

3. Hadi Bun - 13/09/2009

Anak degree boleh ikutan nyumbang tulisan juga gak ya??
Semoga sukses proyek bukunya…..
Salam kenal…
Makasih…
Sekian…
Hehe…😀

admin ppi-um - 16/09/2009

boleh aja di, langsung aja kirim tulisan sdr.hadi ke email ppi.universiti.malaya@gmail.com

4. Bewe - 02/10/2009

Bagus sih usulnya..
Tapi mbok ya yang sudah ada dipelihara dulu. jangan yang sudah ada terbengkalai sedang yang belum tampak nyata mo dibikin…

Tolong jaga Jurnal Bernas …
ini jurnal yang dulu diperjuangkan untuk bisa terbit secara international (?)…

Webnya juga diaktifkan … malu klo dah samai di akses oleh 20,894 pengunjung lebih tapi isinya nothing…

Sori ya … ngomong keras…
soalnya care tau …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: