jump to navigation

Berkemah di Leadership Camp PPIUM 2012 17/04/2012

Posted by admin ppi-um in Aktivitas PPI UM.
trackback

Salam pemuda Indonesia

Pada tanggal 14-15 April lalu, panitia terbentuk yang diketuai oleh saudara Wahyu Prabowo berhasil merangkul sejumlah mahasiswa Indonesia di Universiti Malaya untuk berkemah di acara Leadership Camp 2012.

Para anggota panitia dan peserta foto bersama sebelum berangkat

Sebanyak delapan anggota panitia dan 26 peserta yang terdiri dari anggota pengurus PPIUM 2012/2013 dan mahasiswa baru turut berpartisipasi di acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang bertemakan “Pemuda bangsa yang siap memimpin dan siap dipimpin” tersebut.

Acara dua hari satu malam yang mengambil tempat di Nur Laman Bestari, Hulu Yam, Selangor itu dibuka oleh beberapa sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua PPIUM 2012/2013, Saudara Fadli Rahman, dan anggota Dewan Pengembangan Organisasi (DPO), Bapak Cecep.

Selain pembukaan, hari pertama LDK diisi dengan aktivitas pematerian dengan mendatangkan pemateri berkaliber seperti Ustad Arifin Ismail, Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Ibu Eslee Sheyoputri, dan mantan ketua PPIUM periode 2008/2009, Syamsuri Afjar. Antara materi yang diberikan ialah berkenaan dengan kepemimpinan, nasionalisme, dan sejarah PPIUM.

Setelah pengisian materi, acara juga dilengkapkan dengan permainan menarik yang telah dipersiapkan oleh panitia untuk mengajak peserta bermain sambil melatih kepekaan nilai-nilai moral berkaitan dengan kepemimpinan dan persatuan. Sebelumnya, peserta dibagikan kepada lima kelompok berdasarkan undian kertas yang telah disembunyikan oleh panitia untuk ditemukan oleh peserta. Para peserta terlihat antusias dan gembira mengikuti permainan-permainan yang cukup menantang. Beberapa permainan yang dimainkan ialah “sungai penuh buaya”, “trust me”, dan “Who to trust?”

Hari berikutnya,  peserta dan panitia sama-sama berpartisipasi di aktivitas outdoor seperti renungan malam dan jungle tracking. Untuk renungan malam, peserta dibangunkan pada pukul 3.30 pagi kemudian dilepas di hutan kecil untuk menjalankan serta menjaga amanat yang telah ditugaskan. Setelah itu peserta dikumpulkan di dewan untuk diberikan muhasabah oleh Ustad Muzakki dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Untuk Jungle Tracking pula peserta bersama panitia dibawa oleh pemandu (ranger) hutan Nur Laman Bestari menelusuri hutan lebat daerah Hulu Yam.

Yang menarik dari Jungle Tracking adalah ternyata banyak peserta—juga anggota panitia—yang takut dengan pacet (lintah hutan). Jeritan dari peserta perempuan, terutamanya, menemani perjalanan menelusuri bukit dan lembah selama dua setengah jam. Hewan kecil menggelikan itu menempel di kaki, badan, tangan, bahkan di leher. Banyak juga peserta yang berdarah disebabkan pautan pacet yang tertinggal di kulit.

Menjelang sore pada hari Minggu (15/04), LDK diakhiri dengan acara penutupan berisi evaluasi dan pengumuman kelompok terbaik. Secara keseluruhan, peserta lumayan berpuas hati terhadap aktivitas dan kinerja panitia, meskipun masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Panitia juga berterima kasih kepada peserta yang turut mengsukseskan acara LDK tahun ini. Walaupun dengan segala keterbatasan seperti dana, anggota panitia dan jumlah peserta, acara ini dapat dikatakan sebagai berhasil.

Apapun, LDK tahun ini memiliki kelainan tersendiri, yaitu peserta dan beberapa anggota panitia sengaja diberikan kesempatan untuk tidur dalam tenda/kemah layaknya anggota pramuka. Pada LDK sebelumnya, peserta selalu diberikan fasilitas chalet, tetapi kali ini panitia sengaja memilih tenda atas dasar pertimbangan dana yang terbatas dan tujuan untuk melatih kemandirian dan pengorbanan serta memberikan pengalaman tersendiri bagi peserta. Harapannya, semoga peserta juga panitia dapat mengambil manfaat dari acara ini dan semoga LDK tahun-tahun mendatang akan lebih baik lagi.

Beberapa foto yang sempat ter-jepret:

Tenda untuk peserta cowok

Tiga peserta cewek berpose di depan tenda mereka. (dari kiri) Ellie, Putri, Puri.

Mejeng sebelum berangkat

Kelompok 1, Anak Garuda: (dari kiri) San Rego, Amy, Rara, Putri, Bintang.

Kelompok 2, MONAS (Montok dan Ganas): (depan dari kiri) Amel, Nadia, Nada, Febri (belakang dari kiri) Gilang, Mega.

Kelompok 3, BAB (Bandung, Aceh, Bangka): (dari kiri) Elvis, Dimas, Fitri, Fajri, Jaka.

Kelompok 4, The SPARTA: (dari kiri) Rizki, Zaid, Nanda, Yadi, Puri (yang belakang sekadar penampakan)

Kelompok 5, Pancen Oye (klasik banget sih :P): (dari kiri) Firman, Ellie, Adrian, Gesha, Riga.

Panitia: (dari kiri) Zaki, Wahyu, Hadi, Lily, Ratu, Amu. (Bang Jamal yang ngambil foto, Bang Fadli sibuk entah ke mana)

Sekian dan sampai jumpa di LDK tahun depan.

Laporan oleh: Lily El Ferawati, ketua Departemen  Informasi dan Komunikasi, PPIUM 2011/2012

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: