jump to navigation

Heydiaspora: Media berbagi PPI Singapura yang asyik 24/04/2012

Posted by admin ppi-um in MOTIVASI, PPI DUNIA.
trackback

Salam pelajar Indonesia

Kira-kira teman-teman PPIUM yang suka baca posting di blog PPIUM ada berapa ya? Pasti tidak sampai ribuan kan? Ini karena blog PPIUM kurang asyik atau nggak asyik sama sekali? Admin mengakui kok kalau blog kita ini sedikit old-fashioned. Coba blog PPIUM bisa sekeren website Heydiaspora, pasti teman-teman PPIUM rajin buka blog ini bahkan mau kontribusi tulisan.

Hari ini admin resmi mengambil alih akun twitter @PPIUM dari admin sebelumnya dan berjelajah untuk mencari rekan PPI lain di dunia yang juga mempunyai akun twitter. Kemudian bertemulah admin dengan akun twitter @heydiaspora. Admin @heydiaspora pun mengajak kawan-kawan PPIUM untuk kontribusi di website mereka. Admin pun mengunjungi website Heydiaspora dan takjub dengan tampilan serta isi website tersebut.

Heydiaspora merupakan majalah online yang dikelolah oleh sekumpulan pelajar Indonesia di Singapura di bawah naungan PPI Singapura. Konsepnya unik, yaitu sebagai wadah berbagi cerita oleh pelajar-pelajar atau warga Indonesia di Singapura. Tulisan yang di-post tidak harus berkaitan dengan dunia akademik dan hal-hal formal lainnya. Intinya Heydiaspora ini dijadikan tempat sharing oleh komunitas diaspora Indonesia yang berada di Singapura. Topik yang dibahas di majalah online ini sangat menarik seperti tempat makan dan jalan-jalan, photojournalism, budaya internet, isu sosiopolitik, dan seputar kehidupan di kampus. Tampilan websitenya juga sangat menarik: simple tetapi informatif.

Pertama kali admin berkunjung ke website Heydiaspora admin merasa tertarik untuk membaca apa yang ada di situ. Ini karena topik yang mereka bahas tidak membosankan dan sangat dekat dengan kita sebagai kawula muda. Ada beberapa tulisan yang mengulas konser artis atau band terkemuka Tanah Air seperti Maliq & D’Essentials dan White Shoes & the Couples Company. Ada juga tulisan yang mengulas tentang buku. Tidak hanya itu, isu sosial dan politik yang lagi hangat di Indonesia seperti demonstrasi anti-BBM akhir bulan Maret lalu juga turut diulas. Pokoknya menarik deh.

Nah, melihat website Heydiaspora yang begitu menarik, admin berinisiatif untuk mengembangkan blog PPIUM ini supaya bisa semenarik website Heydiaspora, atau minimal lebih bagus dari blog yang sekarang. Untuk itu admin mengajak kawan-kawan PPIUM yang jago mendesain website atau blog untuk merombak tampilan blog PPIUM ini. Dalam dua minggu terakhir admin sudah mencoba mengotak-atik dashboard blog ini tetapi tidak berhasil membuat perubahan berarti karena minimnya pengalaman mengelolah blog berdomain wordpress. Admin juga ingin mengajak kawan-kawan yang gemar menulis untuk menyumbangkan tulisannya agar dapat di-post di blog kita tercinta ini. Tulisan bisa disampaikan dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Topik tulisannya terserah asal menarik untuk dibaca dan bermanfaat khususnya bagi pelajar-pelajar Indonesia di Universiti Malaya atau di Malaysia umumnya. Tulisan yang menarik dan berkualitas akan dikirim untuk diterbitkan di Heydiaspora juga loh.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita bersama memajukan blog PPIUM dengan senantiasa mengunjungi serta memberi komentar dan menyumbang tulisan. Harapannya, semoga blog PPIUM ini benar-benar bisa dijadikan wadah untuk berbagi informasi dan berkomunikasi antara pelajar-pelajar Indonesia di Universiti Malaya dan di seluruh Malaysia, bahkan dunia.

Oleh: Lily El Ferawati, ketua Departemen Komunikasi dan Informasi PPIUM 2011/2012

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: