jump to navigation

Tari Saman Ramaikan Himpunan Jutaan Belia 29/05/2012

Posted by admin ppi-um in Aktivitas PPI UM.
trackback

(ANTARA KL) – Tari saman adalah sebuah tarian suku Gayo Aceh Indonesia yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat dan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Namun demikian tarian ini juga ditampilkan pada acara Himpunan Jutaan Belia di Malaysia.

Semua penonton bersorak antusias melihat  penampilan para pemuda Indonesia yang berjumlah 14 pemuda itu tampil sangat luar biasa.

“Ini menunjukkan bahwa Indonesia dan Malaysia merupakan negara serumpun yang tidak bisa dipisahkan,” kata Direktur WorkMove Production Sdn Bhd, Mua`mar Ghadafi Jamal Bin Datuk Wira Jamaludin disela-sela Acara Pagelaran Himpunan Jutaan Belia, di Putrajaya, Minggu.

Sementara itu, Ketua BP KNPI Malaysia, Sagir Alva menyatakan tarian saman tersebut merupakan partisipasi mahasiswa Indonesia yang ada di Universiti Malaya.

Sagir menambahkan  Komite National Pemuda Indonesia (KNPI) menggunakan kesempatan pada acara Sambutan hari belia (pemuda) Malaysia itu untuk mempererat hubungan Indonesia-Malaysia yang sudah lama terbangun, meskipun  hubungan itu sempat pasang surut kerana beberapa hal.

“Akan tetapi, kedua belah pihak terus memperkuat jalinan tersebut salah satunya melalui soft diplomasi budaya. Keikutsertaan KNPI di acara ini merupakan salah satu upaya untuk lebih mempererat hubungan kedua bangsa serumpun ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, memperkenalkan Indonesia ke luar negeri bisa dilakukukan melalui pendekatan budaya. Pendekatan seperti ini sangat signigfikan guna menarik negara-negara lain  datang ke Indonesia dan juga dapat memperbaiki citra Indonesia di mata dunia.

“ Apalagi dengan Malaysia yang letaknya sangat berdekatan, sehingga sangat memungkinkan untuk menjalin hubungan yang sangat baik dan saling menguntungkan.,” kata dia.

Komite National Pemuda Indonesia (KNPI) yang ada di Malaysia telah berusaha memberikan yang terbaik untuk Indonesia dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh para pemudanya.

“Ini tidak terlepas dari dukungan para pemuda Indonesia yang belajar di Malaysia untuk memberikan waktunya untuk bangsa Indonesia,” tuturnya. (dit/AB/ANTARA)

sumber: Antara

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: