jump to navigation

Mulai tahun 2013, mahasiswa di PTN hanya perlu bayar SPP saja 18/07/2012

Posted by admin ppi-um in Berita dari tanah air.
trackback

Salam pelajar Indonesia

Ada kabar baik dari dunia pendidikan negara kita. Biasanya setiap kali awal tahun ajaran baru, para calon mahasiswa dipeningkan dengan sumbangan uang gedung dan sumbangan ini-itu. Sekarang, mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) HANYA dibebankan uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) saja.

Mulai tahun 2013, sejumlah PTN akan memberlakukan dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Dana BOPTN ini didapat dari pemerintah melalui anggaran pendidikan dalam Anggaran Pembelanjaan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan sebesar 90 miliar rupiah. Rencananya, BOPTN ini digunakan untuk biaya penelitian, asrama mahasiswa, dan aktivitas pembangunan kampus lainnya. Dengan adanya BOPTN ini, mahasiswa tidak lagi dibebani sumbangan-sumbangan tidak penting dan hanya diminta bayar SPP saja setiap semester.

Antara PTN yang akan mendapatkan BOPTN dan menyediakan pendidikan murah adalah Universitas Gajah Mada (UGM), Jogjakarta, dan Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor. Kampus UGM mulai menerapkannya untuk tahun ajaran 2012/2013, sementara IPB hanya akan mulai pada tahun 2013. Di UGM sendiri, kisaran besarnya SPP mahasiswa baru hanya 500 ribu rupiah.

Ini suatu inisiatif yang bagus dari pemerintah kita untuk menjadikan pendidikan makin terjangkau oleh rakyat Indonesia. Dengan begitu makin banyak keluarga kurang mampu dapat membiayai anaknya kuliah. Semoga fasilitas ini tepat sasaran dan tidak dimanfaatkan oleh orang berada saja. Dan semoga kedepannya dunia pendidikan Indonesia semakin maju dengan memberi fokus kepada bidang penelitian dan penerbitan sehingga PTN mampu bersaing dengan PTN di luar negara sehingga dapat memberi sumbangan kepada kemajuan negara kita tercinta, Indonesia. Amin.

Sumber: Metronews

Dipost oleh Lily El Ferawati, Ketua Departemen Informasi dan Komunikasi PPIUM 2011/2012.

Comments»

1. Bunga ameilya - 11/09/2012

Kalo PTN lain apa jg mnerapkan BOPTN jg ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: