jump to navigation

Muhamad Yunus Ketua Umum Terpilih Kongres PPI Malaysia ke-14 30/07/2012

Posted by admin ppi-um in Aktivitas PPI UM.
trackback
Image

Zulham Effendi saat serah terima jabatan Ketua Umum PPI Malaysia kepada Muhamad Yunus. Pic by Annaba Ghassani

Perkumpulan Pelajar Indonesia di Malaysia menyelenggarakan kongres PPIM (Persatuan Pelajar Indonesia di Malaysia) yang ke-14 untuk melakukan pemillihan Ketua umum yang baru (28/07/2012). Peserta Kongres dari seluruh PPI Cabang yang terdaftar di PPI Malaysia baik cabang penuh maupun cabang persiapan. Adapun PPI Cabang yang hadir pada kongres tersebut adalah UKM, UPM, UM, UIA, APIT, HELP, MMU Cyber, KDH, UTP, USM, UUM, UNITAR, UMP, UTM, KUIS, UPSI dan 2 cabang berhalangan hadir (Inti College dan UNIMAP). Walaupun tidak hadir kedua cabang tersebut menyatakan menerima semua hasil kongres. Ketua terpilih untuk periode 2012/2013 ialah Muhamad Yunus, pelajar master teknik mesin di Universiti Teknologi Petronas. Kongres yang dihadiri oleh lebih kurang lima belas delegasi, perwakilan pelajar Indonesia dari berbagai Universitas di Malaysia kali ini berkumpul di Universiti Kebangsaan Malaysia (sebagai tuan rumah pelaksana kongres tahun ini), Bangi, Selangor.

Zulham Effendi, Ketua Umum periode 2011/2012 yang merupakan kandidat Phd UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia) mengaku sangat lega dengan kongres yang berjalan sukses. “Lega rasanya setelah menyebutkan laporan pertanggungjawaban yang telah diamanahkan kepada kami. Saya optimis dengan PPI Malaysia kedepannya,” ucapnya mantap. Zulham berterima kasih atas kehadiran para peserta dan peninjau, serta kerjasama yang diberikan panitia kongres. “ Yang hadir sampai selesainya acara tentu memahami hasil kongres dan memiliki komitmen untuk PPIM kedepannya.”

Kongres dengan tema ‘PPI Untuk Indonesia’ ini dimulai pada jam 10 pagi dengan dibuka oleh sambutan Ketua Umum PPIM sendiri, Zulham Effendi, yang merangkap jabatan Koordinator PPI seluruh dunia. Setelahnya juga ada sambutan oleh Tuan Rumah Kongres, kemudian dilanjutkan oleh kata sambutan sekaligus peresmian kongres oleh Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur, Prof. Rusdi.

Setelah memilih tiga orang sebagai presidium sidang, kongres yang dengan lima sidang pleno ini membahas laporan pertanggungjawaban pengurus PPI Malaysia periode 2011-2012. Juga Angaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) yang memunculkan berbagai diskusi dan perdebatan kecil di kalangan peserta dan peninjau masing-masing delegasi dalam memutuskan beberapa perubahan dan penetapan.

Di antara masalah itu ialah sumber anggaran PPI Malaysia yang sangat terbatas, sehingga untuk kedepannya kemandirian secara finansial dan pemenuhan dana dalam organisasi amat diharapkan. Seluruh pelajar diharapkan dapat berkontribusi dan menyumbang bantuan kepada permasalahan Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia yang memiliki permasalahan atau kekurangan bantuan. Terbukti telah banyak berbagai LSM yang terlaksana di lapangan baik oleh para pelajar sendiri maupun warga Indonesia bukan pelajar membuat berbagai kegiatan sukarela, seperti salah satunya pelaksanaan pelatihan bahasa Inggris dan komputer untuk para TKI yang bertempat di Es Teler 77, Pasar Seni. Masalah komunikasi dalam berkoordinasi antar PPIM dengan PPI cabang diharapkan dapat lebih baik dengan adanya pemanfaatan media sosial yang telah tersedia pada saat ini.

Pada pertengahan diskusi disepakati adanya penambahan dua bidang untuk kepemimpinan PPI Malaysia periode selanjutnya. Telah sejak awal kongres ini berjalan secara kondisional dan tidak terikat dengan waktu, dengan mekanisme yang  berjalan dengan dinamis serta para perwakilan masing-masing delegasi yang bekerjasama dengan baik pada proses berlangsungnya acara. Kongrespun berjalan lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan sejak awal, sehingga petang itu juga proses pemilihan dan pemindahan jabatan Ketua dilaksanakan.

Muhamad Yunus yang menjabat sebagai Ketua Umum PPI Malaysia yang baru sebagai calon tunggal telah dipilih secara aklamasi sesuai dengan peraturan dan tata tertib yang telah disebutkan sebelum terlaksananya sidang pemilihan. Yunus menyatakan sikap optimis untuk PPIM kedepannya. “Bagaimanapun saya tetap akan membutuhkan bantuan dan kerjasama dari anggota pengurus lainya serta senior yang telah berpengalaman nantinya,” ungkapnya dengan rasa syukur.

Dipost oleh Annaba Ghassani, Ketua Lembaga Swadaya Otonom (LSO) PPIUM 2011/2012.

Comments»

1. @SobatBercahaya - 01/08/2012

Selamat dan sukses….🙂

Semoga kepengurusan PPIM Priode 2012/2013 akan terus lebih baik dan lebih baik lagi🙂

2. fadly rahman - 06/09/2012

selamat semoga sukses kepengurusannya !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: