jump to navigation

Informasi Pendaftaran Universiti Malaya bagi Pelajar Indonesia 22/11/2012

Posted by admin ppi-um in Catatan pinggir.
trackback

Salam pelajar Indonesia

Seiring dengan meningkatknya minat warga Indonesia untuk mendaftar kuliah di Universiti Malaya (UM), suatu keperluan bagi admin untuk menyediakan informasi mengenai prosedur pendaftaran yang perlu dilalui oleh pendaftar.

Sebenarnya, admin telah menyediakan informasi ini. Namun itu sebatas kicauan di twitter. Disebabkan tidak semua calon mahasiswa mengikuti update twitter kami, untuk itu admin menyalinnya ke blog ini. Silakan di simak.

Aplikasi program sarjana (S1) di UM (bisa dilihat pada tanda pagar #ApplyUMUndergrad di twitter)

1) syarat pertama mau kuliah di luar negara: punya passport. nomer paspor akan digunakan sbg ID aplikasi scr online

2) siapkan dokumen- dokumen yg diperlukan: 3 salinan cover letter, 4 kpg foto ukuran paspor dg background biru, 3 salinan hlm depan paspor yg dilegalisir (oleh sekolah/kedutaan), 3 salinan ijazah SMA dg transkrip nilai UAN/UAS yg dilegalisir, 3 salinan sertifikat TOEFL/IELTS, 3 salinan pernyataan kekayaan/finansial (financial statement) dr bank atau surat keterangan dapat beasiswa dari sponsor. 

3) Catatan: Skor TOEFL min 550 dan IELTS min ban 6. Kalo tidak mencapai skor ini, jgn risau. bisa gabung ELPIS ketika sudah di UM

4) pastikan dokumen2 asli yg disebutkan tadi di-scan dahulu untuk di-upload ke online application system 

5) buka http://e-application.um.edu.my/  untuk membuat akun aplikasi 

6) isi formulir online tersebut dan upload (hasil scan) dokumen yg diperlukan 

7) setelah berhasil submit formulir dan dokumen scr online, print formulir online yg telah lengkap tersebut 

8) fotokopi formulir online ini sebanyak 3x dan simpan yg asli

9) kumpulkan salinan-salinan dokumen yg disiapkan tadi, masukkan ke 3 amplop besar yang berbeda, kirim ke Kantor Offshore UM di Indonesia 

10) kantor offshore di Jakarta: C.V. Netasia, Wisma Kodel, Jl. HOUR Rasuna Said, Kav. B-4, Kuningan, Jakarta-Selatan 12920 

11) Kantor offshore di Medan: C.V. NetAsia Jl. Ir. H. Juanda, No. 14, Medan 20157 

12) salinan2 dokumen juga bisa diemailkan kepada faizal.netasia@gmail.com  (Jakarta) 

13) dokumen juga bisa dikirim via email ke indonesia@um.edu.my 

14) banyak isu mengatakan aplikasi melalui offshore ini rawan pungli dg jumlah bayaran yg diminta berbeda2. hati2! 

15) bayaran yg diminta biasanya antara RP750ribu – RP2juta. hati-hati! 

16) Admin sdh ktmu direktur International Student Centre & beliau akan usul ke offshore bayaran dikenakan max RP750ribu

17) bayaran ini diperlukan bagi keperluan offshore untk print, fotokopi, dan memaketkan dokumen aplikasi ke KL

18) Bayar uang pendaftaran USD50 ke nomer rekening Bursar University of Malaya (CIMB Bank: 1440-0004005-053) dan fotokopi/scan slip pembayaran, kirim ke offshore 

19) bagi yg tdk mau berurusan dg offshore, bisa kirim 3 set salinan dokumen yg diperlukan dan slip pembayaran USD50 ke alamat: International Student Centre (ISC), Level 1, Block G, Perdanasiswa Complex,  University of Malaya 50603 Kuala Lumpur, Malaysia. 

20) aplikasi dan berkas pendaftaran harus dibuat dan dikirim sebelum Februari untuk intake pertama, dan sebelum Juli untuk intake kedua. 

Sekarang beranjak ke prosedur pendaftaran program pasca sarjana di UM. Prosedur #ApplyUMPostgrad hampir sama dengan prosedur #ApplyUMUndergrad. BEDANYA: sebelum memutuskan mau daftar, teman2 perlu menentukan apakah mau full research/coursework/mixed-mod. Yang mau buat master/PhD penyelidikan penuh, tentu harus menyiapkan research proposal dan cari supervisor dulu.

Aplikasi program pasca sarjana di UM (bisa dilihat pada tanda pagar #ApplyUMPostgrad di twitter)

1) Bikin paspor (bagi yg belum punya). Nomer paspor akan digunakan untuk daftar scr online

2) Siapkan dokumen2 (scan): hlmn depan paspor, bukti pernah kerja (kalau ada), surat sponsor (kalau ada), sertifikat TOEFL/IELTS (skor minimal sama seperti yang telah disebut di atas), Research proposal (untuk full research program), ijazah & transkrip nilai S1/S2, foto ukuran paspor, bukti2 penyelidikan/penerbitan (kalo ada) 

3) buat akun pendaftaran di http://pgadmission.um.edu.my , isi formulir online, upload semua hsil scan dokumen yg diminta 

4) Submit, print formulir online yg telah lengkap. simpan.

5) bayar uang pendaftaran USD50 ke akun bank Bursary University of Malaya (nomer rekening seperti tertera di atas), scan slip-nya lalu emailkan ke email IPS (ips@um.edu.my)

6) Selesai. tinggal tunggu 4 – 6 minggu baru dapat keputusan diterima atau tidak 

7) tapi ingat ya, untuk yg mau daftar program full research harus buat research proposal dan cari supervisor & referees

8) pendaftaran intake 1 biasanya dibuka bulan Mei, intake 2 dibuka bulan Oktober 

Untuk mendapatkan informasi-informasi terkini tentang PPIUM, silakan follow twitter kami di @PPIUM.

Lebih lanjut tentang pendaftaran program sarjana di UM dapat dilihat di isc.um.edu.my, dan tentang pendaftaran pasca sarjana bisa dilihat di ips.um.edu.my

Sekian.

Dipos oleh Lily El Ferawati, Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi PPIUM 2011/2012

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: